Sabtu, 12 November 2016

Events of The First Year

Di kelas 7, ada berbagai macam kegiatan menarik nan edukatif yang diselenggarakan oleh spitalia. Dan para siswa juga antusias dalam mengikuti event-event seru dari spitalia ini. Event-event tersebut yakni:

1.Islamic Adventure (Pacet, desa Kemiri)

Islamic Adventure atau yang biasa disebut IA, adalah kegiatan yang amat menyenangkan. Dari sekolah, kami berangkat ke Pacet mengggunakan truk TNI,kami sangat terkejut ketika melihat kendaraan yang akan kami pakai untuk perjalanan yang lumayan jauh ini, namun setelah kami merasakan bagaimana rasanya perjalanan jauh dengan truk tersebut, kami pun merasa senang karena truk TNI tak kalah nyaman dengan bus, dan rasanya lebih Adventure lah.

Sesampainya disana, kami beristirahat sejenak,malam harinya kami memberikan performance dari kelompok masing-masing. Pada keesokan harinya, pagi-pagi sekali, kami berjalan naik ke atas bukit dan melakukan outbound disana.

(mendengarkan penjelasan dari para guru)

(salah satu contoh outbound)

Pemandangan dari tempat outbound begitu indah, sawah terbentang luas dan dari kejauhan kita dapat melihat gunung Arjuna yang amat besar. Setelah ber-outbound ria hingga lelah, kami kembali ke villa tempat kami menginap. Esoknya, pukul 12 malam kami dibangunkan para guru untuk segera berkumpul bersama. Ternyata kami akan pergi jelajah malam dilanjut susur sungai bersama, betapa bahagianya kami. Kami pun segera bersiap-siap dan berkumpul sesuai kelompok. Setelah mendapat bekal satu kantong pala pendem , kami berangkat sesuai urutan kelompok. Tak terasa kami berjalan cukup jauh, tapi kami tak merasa lelah sedikit pun. Di tengah pejalanan,kami sholat shubuh bersama, kemudian istirahat sebentar dan memakan bekal. Setelah semua sudah siap, kami melanjutkan perjalanan menuju sungai. jalanannya menanjak dan hawa dingin yang amat menusuk badan menjadi rintangannya, di samping kanan dan kiri terdapat perkebunan sayur yang amat luas. Setelah melewati jalanan yang naik turun tersebut, kami akhirnya sampai di sungai.

(kami beristirahat dan berfoto sejenak)

Setelah melepas penat karena berjalan jauh, kami pun mulai memasuki sungai. di sungai ini kami berjalan melawan arus sehingga cukup sulit untuk berjalan, ditambah dengan bebatuan yang ada disungai serta hewan-hewan kecil yang mengerikan. Tak jarang kami jatuh terjerembab hingga basah serta kehilangan barang-barang bawaan kami. Tetapi, memori tersebut lah yang menjadi kenangan indah yang menciptakan kerinduan untuk mengulang kembali semuanya.

2.Outing ke TPA Gresik, Goa Surowiti, dan Pasar Gresik

Selain IA, ada lagi event spitalia untuk kelas 7 tahun lalu yangnggak kalah seru loh.. dan tentunya edukatif, untuk event yang satu ini, mengajarkan kita untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Hari pertama, 'pasukan' banat pergi ke TPA Gresik dan Pasar Gresik, sedangkan 'pasukan' banin ke Goa Surowiti. kali ini, Transportasi yang kami gunakan untuk pergi ke tempat tujuan adalah angkutan umum yang sudah di sewa oleh sekolah kami. Pertama, kami pergi ke TPA terebih dahulu. Disana kami mewawancarai beberapa pemulung,tak lupa juga, kami melihat cara pembuatan pupuk kompos disana. dan berfoto bersama sebelum melanjutkan ke Pasar Gresik.

(waah gunung sampah nya luar biasaaa...)

Kemudian kami melanjutkan ke Pasar Gresik. Disana kami mendapat tugas untuk mewawancarai pedagang dan membeli beberapa makanan ringan untuk dimakan bersama dengan batas harga yang ditentukan. Keadaan pasar siang itu sangat ramai.

Setelah menyelesaikan tugas dari guru, kami pergi ke Pendopo Kabupaten Gresik dan makan siang disana. Dilanjutkan sholat dhuhur berjama'ah di masjid dekat alun-alun kota Gresik (lupa namanya..:p).
Lalu kami kembali ke sekolah.

Esoknya, kami berangkat dari sekolah ke tempat Goa Surowiti. Disana kami berkumpul sejenak dan diberi penjelasan mengenai sejarah Goa Surowiti.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Goa Surowiti. Untuk mencapai tempat Goa, kami harus menempuh puluhan anak tangga, karena jalannya cukup menanjak, serta kami mendapat tugas sekolah untuk menghitung jumlah ank tangga yang kami lewati.

Melewati anak tangga sebanyak itu cukup melelahkan. sesampainya kami di tempat tujuan, kami duduk-duduk sejenak melepas penat. Goa Surowiti ternyata sempit sekali dan jalannya menurun cukup curam, tidak semua anak berani untuk turun masuk ke dalam Goa yang amat gelap tersebut. Setelah puas melihat bagian dalam Goa, kami menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah dan dilanjutkan pulang kembali ke sekolah.

3.Young Entrepreneur

Di event yang satu ini, kami dilatih untuk menjadi seorang young entrepreneur yang memproduksi salah satu bahan makanan yang di gemari banyak orang yaitu tempe. Sekolah kami mendatangkan seorang pembuat tempe yang bertempat tinggal di sekitar sekolah kami. Kami diajari cara untuk membuat tempe dari tahap awal hingga tahap akhir, setelah itu , kami mendapat tugas untuk membuat tempe bersama-sama.

Gambar diatas adalah proses dari penjelasan, pembuatan, hingga tahap sterilisasi yang menyebabkan penghuni kelas ku harus mengungsi ke kelas sebelah :D

4.Live In (Belajar Bersama Masyarakat)

Di kegiatan yang satu ini, kita belajar untuk bersosialisasi dengan masyarakat secara langsung, dan kita juga akan membantu bekerja bersama masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di kecamatan Dukun selama 3 hari. Untuk siswi berada di pasar, toko kue, dan toko kerudung. Dan untuk siswa, bertempat di pasar dan kebun buah naga. Pertama kami dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok berada di toko yang berbeda-beda. untuk yang di bagian pasar, satu kelompok terdiri dari 1 atau 2 anak. kemudian sisanya dibagi dua untuk di toko kue dan toko kerudung serta kebun buah naga. Dan untuk kegiatan ini,kami menginap di rumah masyarakat untuk siswi, dan di masjid yang letaknya dekat dengan kebun untuk siswa.

[PASAR DUKUN] Dihari pertama berangkat, kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk segera mencoba bekerja di tempat-tempat tersebut. Saat itu, aku kebagian bekerja di salah satu toko snack di pasar. Dihari pertama bekerja, kami berangkat didampingi ustadzah menuju ke pasar, sesampainya kami diantar satu per satu menuju toko masing-masing. karena bertepatan dengan Pasar Wage, hari itu pasar amat ramai dengan pembeli. Kami berangkat ke pasar pada pagi hari dan dan kembali pulang pada siang hari. Para pedagang yang kami tempati berjualan sangat ramah dan baik hati. Tak jarang sebelum pulang kami dibekali snack dan minuman.

[TOKO KUE/BAKERY] Letak pabrik bakery ini tak jauh dari pasar, untuk yang bekerja di bagian toko kue, sebagian ada yang di pabrik, dan sebagian di toko untuk menjual kue-kue nya.Para siswi yang kebagian di toko kue, tempat tinggal nya sama seperti yang di pasar karena jarak nya dekat.

[PABRIK KERUDUNG] Letak pabrik kerudung ini cukup jauh dari pasar, sehingga para siswi yang kebagian di pabrik kerudung, tinggal di tempat pabrik tersebut. Disana mereka membantu membuat kerudung bersama karyawan yang lain, dari mengukur kain, hingga menjahit kerudungnya.

Pada hari terakhir, sepulang bekerja kami kembali ke pasar untuk menyerahkan souvenir sebagai tanda terima kasih kepada para pedagang yang sudah mau dititipi siswi untuk membantu berjualan. dan ketika pulang kami mendapat banyak snack dari para pedagang yang akhirnya kami jadikan bekal untuk perjalanan pulang. sebelum kembali ke Spitalia, kami mengunjungi sekaligus menutup kegiatan live in di kebun buah naga tempat para siswa bekerja. Disana kami membeli beberapa buah naga yang manis sebagai oleh-oleh dari kegiatan ini.

5. Mukhoyyam Qur'an

Untuk kegiatan ini, kami kembali ke kecamatan Dukun dan menginap selama 1 minggu disana. Kami diharuskan menghafal qur'an dan menyetorkan hafalan setiap harinya, pagi setelah shubuh hingga masuk waktu dhuha dan siang hari dengan target dalam satu minggu dapat mengahafal 1 juz.

Pagi hari kami dibangunkan untuk sholat qiyamul lail, dan ketika shubuh kami bersama-sama berangkat ke masjid untuk sholat disana, setelah sholat shubuh dilanjutkan membaca al-ma'tsurat dan mulai menghafal. Usai menghafal, kami shalat dhuha dan kembali ke tempat menginap. Dilanjutkan makan pagi dan bersih diri serta istirahat. Pukul 9 kami mulai menghafal lagi hingga pukul 10, kemudian istirahat.

pukul 11 kami pergi keluar dan mencari tempat yang nyaman untuk menghafal lagi, biasanya di musholla sekitar rumah. dari musholla kita mendapat pemandangan sawah yang luas dan angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh kita selagi menghafal. beberapa meter dari musholla kami sampai di tepi sungai Bengawan Solo. Ketika jam hafalan siang, ada istirahat di sela-selanya yang biasanya kami gunakan untuk berjalan-jalan atau sekedar menikmati pemandangan sambil memakan snack/makan siang. kegiatan menghafal terus dilanjutkan hingga menjelang maghrib, kami sholat maghrib juga di musolla dan kemudian pulang, dilanjut bersih diri.

Setelah itu kami istirahat sejenak dan makan malam, lalu memuroja'ah hafaln yang tadi dihafal sebelum tidur. rutinitas seperti itu kami lakukan hingga seminggu kedepan, dan tentunya berpindah-pindah mencari tempat yang nyaman untuk menghafal supaya tidak jenuh.

dan pada hari terakhir, kami membereskan barang-barang dan membersihkan rumah yang kita tempati. banyak pengalaman menarik dan penuh hikmah dari kegiatan ini. Yang tentunya makin mempererat tali persaudaraan kami .

Gimana??? Seru-seru kan kegiatan nya spitalia..
Cukup sekian informasi mengenai event-event spitalia di kelas 7 ini.